Minggu, 14 Mei 2017

Pengertian dan Fungsi Dari Mouse


Pengertian Mouse – Pengertian Mouse Komputer adalah suatu device yang digunakan untuk mengontrol komputer dalam bentuk pointer. Mouse bekerja sesuai dengan perintah user dengan memainkan tangan. Tanpa mouse user masih dapat bekerja yaitu menggunakan keyboard sebagai pengganti mouse namun kinerja dan kecepatannya lebih lambat dibandingkan menggunakan mouse.
FUNGSI MOUSE KOMPUTER ADALAH

Fungsi Mouse – Fungsi Mouse komputer adalah mengatur pergerakan kursor secara cepat, selain itu juga untuk memberikan suatu perintah dengan hanya menekan tombol pada mouse komputer. Di dalam perangkat mouse ini, terdapat sebuah bola kecil yang akan menangkap pergerakan mouse dan mentransfer sinyal listrik ke perangkat pemroses (CPU). Dengan demikian, mouse komputer dapat secara cepat melakukan kinerjanya sebagai perangkat masukan.

Fungsi Mouse Komputer secara umum antara lain :

  • Sebagai penggerak pointer baik itu klik atau drag and drop.
  • Memperbesar dan memperkecil tampilan.
  • Melakukan intruksi dan konversi ke sinyal elektronik yang dapat dimengerti oleh sistem komputer.
  • Digunakan untuk melakukan scrolling pada layar dengan menggunakan roda scroll yang ada pada mouse.
  • Digunakan Untuk melakukan perintah yang tidak menyediakan menu shortcut, tombol kanan pada mouse jika diklik 2x berfungsi sebagai tombol enter pada perintah eksekusi. 


Pengertian Klik (Click) Mouse Komputer

Pengertian Klik Mouse komputer adalah sebagai pemilih atau penyeleksi file, menjalankan perintah tertentu, membuka link, klik tombol pada dialog, dan lain-lain. 

3 Bagian Mouse Komputer adalah

Tombol Klik pada Mouse terdapat 3 sisi yaitu klik kanan, klik kiri dan scroll. 
  • Klik Kanan 
Berfungsi untuk melihat perintah yang bersifat pengaturan
  • Klik Kiri
Berfungsi untuk memilih atau menyeleksi file, menjalankan perintah tertentu, membuka link, klik tombol pada dialog, dan lain-lain.
  • Scroll
scroll berfungsi untuk menggerakkan tampilan halaman layar ke atas dan ke bawah atau kesamping kanan dan ke samping kiri.


REFERENSI : http://mbahasilmu.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar